Jurusan: Sastra Jerman’08
NIM : 082504003
SEJARAH KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejaK dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator).
Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan. Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesinyang dapat mengalikan.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, dan dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Pada tahun 1822 Babbage, menemukan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Babbage terinspirasi untuk memulai membuatkomputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
Alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.
Sejarah Komputer Generasi Pertama:
Pada waktu Perang Dunia Kedua, negara-negara yang ikut dalam perang tersebut terus berusaha untuk mengembangkan komputer yang akan digunakan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Karena hal ini, maka adanya peningkatan pendanaan dari negara untuk mempercepat pengembangan komputer serta kemajuan teknik komputer.
Dan pada tahun 1941, seorang insinyur jerman – Konrad Zuse berhasil membangun sebuah komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan juga peluru kendali.
Dilain pihak, pihal sekutu juga membuat kemajuan dalam hal pengembangan kekuatan komputer. Dan pihak Inggris pada tahun 1943 telah menyelesaikan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang diberi nama Colossus, untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan militer Jerman. Dan dampak dari pembuatan Colussus ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan industri komputer dikarenakan beberapa alasan yaitu:
• Colossus bukan merupakan komputer general (serba guna), hanya digunakan untuk memecahkan kode rahasia saja.
• Dan keberadaan komputer ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Disamping itu, ada usaha lain yang dilakukan pihak Amerika Serikat pada waktu itu dan berhasil mencapai kemajuan lainnnya, yaitu seorang insinyur Harvard – Howard H.Aiken (1900-1973) yang bekerja dengan IBM berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Lalu perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer tersebut dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Sejarah Komputer Generasi Kedua
Dimulai pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Sejarah Komputer Generasi Ketiga…
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Sejarah Komputer Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.
Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Demikian sejarah singkat komputer generasi keempat.
Sejarah Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey.
HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Sejarah Internet
Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Apa sebenarnya jaringan komputer itu ? Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.
Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.
Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).
Internet saat ini
Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu, Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Di samping manfaat-manfaat di atas, internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.
Internet adalah ‘jaringan informasi (data) langit’ yang hanya dapat diakses (dipantau dan diperbaharui) melalui komputer. Ada komputer yang mengirim, meng-input data informasi, semetara, komputer yang lain bisa terhubung dengan jaringan informasi langit itu (melalui saluran telepon, radio, atau, soket arus listerik tertentu) untuk mengakses, mencari berbagai data dan ‘bahan ajar’.
Berbicara dan atau menggambarkan apa itu internet, tidak akan habis-habisnya, karena DUNIA MAYA, begitu dia biasa disebut sebahagian orang, terus berubah dan tidak berhenti berkembang dari detik ke detik. Internet sulit diceritakan dengan kata-kata. Namun untuk mengaksesnya, atau menggunakannya, tidak lebih sulit dari pada mengambil uang anda di anjungan tunai mandiri(ATM) bank.
Seperti pisau, internet mempunyai sifat netral nilai. Dia bisa berdampak positif maupun negatif tergantung sipemakainya.
Internet bisa dipakai untuk ‘menumpuk data’ sebanyak-banyaknya dalam satu sistem, dan dapat diakses kembali dari komputer (yang terhubung) mana saja, dan kapan saja secara bersamaan.
Bila sistem pendataan dengan internet telah dimanfaatkan secara maksimum, akan memungkinkan kita tahu dari jaringan itu tentang: seorang pejabat A, dulu pendidikan SD-nya di mana? Waktu dia di SMA, masuk peringkat sepuluh besar atau tidak. Dari sepotong informasi internet tentang: SD yang ambruk akibat gempa, hanya dengan menekan beberapa key komputer saja, akan dapat dikalkulasikan berapa siswa yang terkendala pembelajarannya. Kita bisa tahu, berapa dana yang diperlukan untuk memulihkan kondisi sekolah itu, secara keseluruhan.
Pembelajaran dengan computer assisted learning adalah pembelajaran dengan bantuan komputer, yang bersifat: individual, memperhatikan ‘kecepatan’ tanggap pembelajarnya, dan berpenampilan (layar) menarik, serta responsive terhadap siswanya. Hampir semua guru sepakat bahwa pembelajaran: dengan pendekatan individual (lawan dari cara klasikal), memperhatikan speed siswa, menarik, dan responsive sesuai dengan yang diinginkan siswa akan lebih produktif.
Internet untuk pembelajaran dapat difungsikan sebagai sumber belajar yang memuat data dan fakta untuk referensi belajar. Data dan fakta itu selalu bisa diperbaharui, sehingga dia tidak mudah basi, namun dapat pula ditampilkan berulang-ulang tanpa tambahan biaya yang berarti. Hal ini berbeda dengan dengan data ‘tercetak’, dan percobaan laboratorium convensional, dengan alat fisika dan unsur kimia. Oleh sebab itu, internet, lebih mampu untuk ‘memuaskan’ rasa ingin tahu siswa, sekaligus lebih murah.
Walaupun diakui bahwa di dalam dunia internet itu cukup banyak terdapat ‘situs-situs sampah’, namun begitu, pilihan untuk mengunjungi situs yang mana, seratus persen di tangan anda sendiri. Kalau seseorang mau belajar, atau mau bekerja dengan internet, tentu dia akan menerima arahan yang diberikan gurunya dalam pemakaian produk teknologi canggih itu. Dia hanya akan mengunjungi situs yang ‘benar’ saja.
Komputer, Internet untuk Pendidikan
Pemanfaatan Internet, dalam dunia pendidikan, dapat digunakan pihak siswa dan guru untuk dua hal:
Pertama, pemakaian internet untuk kepentingan administrasi dan manajemen pendidikan, di tiap sekolah, dan secara nasional. Manajemen data pendidikan bisa dilakukan secara berangkai, terhubung dalam satu sistem komunikasi dua arah, mulai dari kantor Departemen Pendidikan, dinas propinsi, kabupaten kota, sampai ke masing-masing sekolah, dan sebaliknya. Dengan begitu, administrasi pendidikan yang mencakup lalulintas informasi pendidikan bisa dilaksanakan dengan mudah, lancar, cepat, dan lebih murah.
Kedua, penggunaan internet untuk ( alat pembelajaran) dan atau sumber belajar. Negara kita termasuk yang tertinggal dalam Pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Bahkan, kita terbelakang dalam Pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan pemakaian komputer non internet, sekalipun. Padahal, komputer telah cukup lama dan cukup banyak tersebar di sekolah, dan di tengah masyarakat. Di berbagai kota kecamatan, sudah sangat banyak ditemukan toko, (usaha) sewa komputer. Semua perangkat teknologinya sudah tersedia, namun kita lemah dalam Pemanfaatan.
Kata ‘pendidikan’, biasanya, diasosiasikan dengan orang dewasa, yaitu: tenaga kependidikan dan guru. Sementara, kata ‘belajar‘ dikaitkan dengan siswa. Mendidik adalah usaha sadar yang semestinya dilakukan oleh orang yang telah terdidik kepada anak didik.
Agar pendidikan atau pembelajaran efektif; sebaiknya, siswa juga melakukan pembelajaran secara sadar. Anak muda diharapkan mau mempelajari apa-apa yang bernilai pendidikan. Namun pada kenyataannya, anak muda biasanya hanya akan mempelajari apa yang disukainya saja. Yang kurang disukainya tidak akan mereka pelajari, betapapun pentingnya objek itu menurut pandangan orang terdidik. Hal yang positif dari produk teknologi, adalah, siswa menyukainya. Siswa dengan mudah mengenal dan mengoperasikan peralatan teknologi. Tugas guru menjadi terbantu, karena mereka cukup memberikan arahan dari segi content, isi situs pendidikan saja.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER DAN INTERNET
1.1 SELUK BELUK DAN PERKEMBANGAN
INTERNET
A. LOKAL AREA NETWORK (LAN)
Pada awalnya jaringan komputer dilakukan pada jaringan yang sangat terbatas
yakni dengan menggunakan dua buah komputer. Kemudian berkembang lebih luas
pada komplek perkantoran, gedung, sekolah yang dikenal dengan jaringan Lokal
atau local area network (LAN)
LAN membentuk pola kerja kelompok atau workstation. LAN memungkinkan praktisi
komputer dapat melaukan penggunakan bersama-sama dan dapat saling
berkomunikasi menggunakan e-mail, forum diskusi, dan sebagainya
Untuk mempermudah dalam pola hubungan antara satu komputer dengan komputer
yang lainnya, Local Area Network (LAN) memiliki beberapa pola yang disebut
Topologi Jaringan.
Topologi Jaringan dibedakan menjadi dua macam, yaitu topologi fisik dan
topologi logika. Topologi fisik adalah topologi aktual dengan kabel-kabel
sebagai media jaringan. Topologi fisik yang ada pada saat ini antara lain:
Topologi Bus, Topologi Star, topologi ring, topologi hirarki dan topologi MESH;
sedangkan topologi logika jaringan yang menggambarkan proses host-host saling
berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Ada dua tipe topologi logika,
yaitu topologi broadcast dan token passing.
B. WIDE AREA NETWORK (WAN)
Perkembangan dan kebutuhan atas informasi dan komunikasi menuntut komputer
yang digunakan dapat berhubungan secara luas sehingga terbentuk Metropolitan
Area Network (MAN). Perkembangan kebutuhan yang lebih luas lagi diperlukan
jaringan yang lebih luas juga sehingga digunakan Wide Area Network (WAN).
Jadi, MAN dan WAN merupakan perpaduan antara LAN yang stimultan.
Jaringan WAN dapat mencapai antarpulau, antarnegara, bahkan antar benua. WAN
biasanya menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat Lunak (software)
tertentu.
C. MANFAAT INTERNET
Tingginya mobilitas penggunaan internet menuntut jaringan internet yang lebih
fleksibel, sehingga seseorang yang sering bepergian tetap dapat mengakses
internet walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan. Untuk memenuhi
kebutuhan tersebut dikembangkan jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti
telepon seluler. Jaringan ini dikenal sebagai jaringan internet tanpa kabel
(nirkabel) yang dikenal dengan Wireless Aplication Protocol (WAP). WAP dalam
beroperasi dapat menggunakan bantuan telepon seluler sebagai sarana
penghubung.
Pemakai komputer atau User dapat melakukan banyak hal melalui intenet,
seperti:
1. Mencari Informasi (hosting)
2. Belanja (e-commerce)
3. Berkirim surat (e-mail)
4. Mengobrol (chatting, dan
5. Research dengan intenet.
1.2 MENDESKRIPSIKAN FUNGSI PERANGKAT KERAS YANG DIGUNAKAN UNTUK AKSES
INTERNET.
PERANGKAT KERAS INTERNET
Jika memungkinkan hardware yang digunkan memiliki spesifikasi high-end
seperti:
1. Pentium 4 (4 GHz)
2. RAM 512
3. Hard disk 60 GB
4. VGA Card 256 MB
5. CD-RW
6. Monitor LCD
7. UPS
8. Printer Laser
9. Modem
10. Hub atau Switching
11. Repeater
12. Bridge
13. Router
1.3 DESKRIPSI PERAN INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)
A. CARA MEMILIH ISP
Beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih ISP, agar akses internet tidak
mengalami gangguan adalah:
1) Kapasitas Bandwith
2) Kapasitas jaringan
3) Akses pulsa lokal
4) Kehandalan dan keamanan jaringan
B. TELKOMNET ISTAN
Salah satu ISP yang instan tanpa berlangganan yaitu Telkom, yang menyediakan
Telkomnet@instan. Dalam menggunakan telkomnet@intan, biaya pemakaian jasa
internet dihitung berdasarkan pulsa telepon dan langsung dimasukkan ke dalam
rekening tagihan telepon.
1.4 MENDESKRIPSIKAN USER ID DAN PASSWORD
A. USER ID DAN PASSWORD
User ID adalah identitas pengguna komputer. User adalah nama, nomor atau
identitas yang dimiliki dan yang berhak untuk menggunakan komputer.
B. DOMAIN NAME SERVICE (DNS)
DNS Merupakan pengembangan sistem alamat host-host yang lebih dimengerti
pemakai komputer. Setiap DNS memiliki dua buah identitas, yaitu IP address
numeric dan host name. Host name merupakan nama yang mudah diingat, seperti
Erlangga.co.id.
C. HIRARKI DNS
Semua data DNS diurutkan dengan nama atau domain tertentu yang berakhiran
sesuai dengan bidang masing-masing. Misalnya
.com bidang komersial
.edu bidang pendidikan
.net penyedia jasa network
.org organisasi nonkomersil
.int organisasi Intenasional
BROWSER INTERNET
2.1 MENDESKRIPSIKAN CARA AKSES INTERNET
A. IDENTIFIKASI INTERNET EXPLORER
Pada bab 1 telah dibahas bahwa untuk mengakses internet sesudah berlangganan
dengan Internet Service Provider (ISP) diperlukan perangkat lunak (Software)
berupa browser internet.browser yang populer adalah Internet Explorer dan
Mozilla. Internet Explorer adalah software yang paling banyak digunakan dan
merupakan produk dari Microsoft Corporation.
Untuk mengaktifkan Internet Explorer, komputer tidak harus terhubung ke
internet. Internet Explorer dapat diaktifkan walaupun komputer tidak sedang
mengakses halaman website.
B. MENGGUNAKAN FASILITAS INTERNET EXPLORER
a. Menggunakan Tool Search
Untuk mengadakan pencarian poer topik dengan Internet Explorer, langkah yang
dilakukan setelah Internet Explorer aktif adalah sebagai berikut:
1. Klik tool Search, sehingga tampil jendela pencarian.
2. Klik Search this compute for file, untuk mengadakan pencarian pada
komputer.
3. pilih dan klik Picture, music, or video.
4. pilih pictures and photos
5. klik search
b. Tool Favorites
Untuk mengorganisasi dokumen-dokumen website kedalam komputer dengan
menggunakan Favorites.
c. Tool Media
Tool Media digunakan untuk menampilkan dokumen-dokumen media seperti video,
radio, atau sejenisnya.
d. Tool History
Tool History digunakan untuk melihat perkembangan atau alur penjelajahan yang
dilakukan.
e. Tool Mail
Tool ini digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan surat elektronik atau
e-mail, seperti mengirim surat, dan mendokumentasi surat.
C. MENDESKRIPSIKAN PELAYANAN WORL WIDE WEB (WWW) SEBAGAI SUMBER INFORMASI
World Wide Web (WWW) atau biasa disingkat dengan nama web merupakan fasilitas
internet yang sangat penting. Fasilitas www dapat mengakses bermacam-macam
bentuk seperti teks, animasi, grafik, suara, dan video.
D. MENDESKRIPSIKAN PENGERTIAN URL DAN HOMEPAGE
Uniform Resources Locator (URL) merupakan alamat website atau situs internet.
Letak URL ada pada kotak address (alamat) pada browser
Setiap URL menggunakan nama yang unik dalam penulisannya, secara umum memiliki
sintak atau aturan PROTOKOL://NAMA_INTERNET.DOMAIN. Protokol internet data
berupa HTTP, FTP,NEW, atau GOPHER.
E. MENDESKRIPSIKAN HYPERTEXT DAN HTML
Halaman Website memiliki pola tersendiri dalam pengisian teks dan gambar. Teks
yang digunakan merupakan Hypertext Markup Languange (HTML) atau txt, sekaligus
digunakan sebagai extensi dari file yang bersangkutan. HTML merupupakan format
yang disepakati untuk penulisan halaman website. Sedangkan gambar adalah yang
berektensi jpg, bmp, dan gif.
F. MENGENAL BEBERAPA SITUS YANG MENYEDIAKAN FASILITAS SEARCH ENGINE
A. Search Engine Yahoo
Yahoo merupakan mesin pencari yang pertama. Hampir 60% pengguna internet
mengakses Yahoo. Disamping merupkan mesin pencari tertua, tampilan homepagenya
mudah dipahami dan sangat terorganisir. Sebagai situs tertua Yahoo memiliki
banyak pelanggan, setiap browsing seseorang cenderung untuk membuka situs ini.
Untuk menjalankan yahoo.com pastikan bahwa anda sudah berada di dalam Internet
Explorer. Untuk mengaktifkan Search engine Yahoo, caranya tinggal ketik
yahoo.com pada alamat URL Internet Explorer dan tunggu beberapa saat maka akan
muncul website Yahoo.com. menggunakan mesin pencari ini sangat mudah bahkan
bagi orang yang baru kenal internet sekalipun akan dengan mudah menggunakan
mesin pencari ini untuk mencari informasi.
B. Search Engine Google
Search engine yang sedang naik daun adalah Google.com. saat ini, Google sangat
populer karena kecepatan aksesnya. Selain dipengaruhi oleh modem, akses yang
cepat juga dipengaruhi oleh keandalan mesin pencari.
Search engine Google tidak menyediakan layanan e-mail gratis sepeti halnya
yahoo, dan juga tidak menyediakan fasilitas video. Jadi, penggunaan Google
tidak dapat membuat e-mail dan tidak dapat mengakses video.
Untuk mengaktifkan website Google.com caranya sama dengan mengaktifkan
yahoo.com caranya ketik Google.com pada URL Internet Explorer
C. Search Engine MSN.COM
Sebagai produsen software terbesar saat ini, Microsoft tidak mau ketingalan
dalam bidang internet yang mengeluarkan beberapa produk seperti: ENCARTA dan
MSN. Sebagai produk Microsoft yang memiliki ciri friendly ini, msn.com relatif
mudah digunakan.
Untuk mengaktifkan msn.com maka langkahnya dari Internet Explorer adalah
1. Ketik msn.com pada URL
2. Tekan
Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan homepage MSN
Perangkat Keras dan Fungsinya Untuk Akses Internet
Macam-Macam Perangkat Keras dan Fungsinya Yang dibutuhkan Komputer atau Notebook Untuk Mengakses Internet :
1. MODEM (MODULASI DEMOLATOR)
2. ETHERNET CARD ATAU LAN CARD
3. HUB ATAU SWITCH
4. ROUTER
1. Modem
Fungsi dari modem adalah mengubah data dari digital ke listrik atau gelombang elektronik dan sebaliknya.
Jenis-jenis modem berdasarkan beberapa kategori :
A. Berdasarkan letak di CPU Komputer, modem terbagi dua, yaitu :
1. modem internal
modem yang berada di dalam cpu
2. modem external
modem yang berada di luar cpu
B. Berdasarkan cara koneksi dengan ISP, modem terbagi dua, yaitu :
1. modem wireline atau wired
modem yang menggunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP
2. modem wireless
modem yang menggunakan media nirkabel (gelombang elektronik)untuk berkoneksi dengan ISP
C. Berdasarkan ISP (Internet Service Provider) yang digunakan atau teknologi ISP yang dipakai, jenis modem bisa dibagi menjadi beberapa macam, antara lain :
1. modem adsl
2. modem dsl
3. modem cdma
4. modem gsm
5. modem dial up
2. Ethernet Card atau Lan Card
Lan Card ( kartu jaringan ) berfungsi sebagai alat penghubung sebuah komputer dengan jaringan komputer atau penghubung komputer dengan modem jenis adsl dan dsl.
3. Hub atau Switch
Switch berfungsi menghubungkan dua komputer atau lebih. Switch dibutuhkan, jika ingin melakukan sharing internet.
4. Router
Router mempunyai fungsi yang sama dengan Switch, tetapi lebih pintar. Kelebihan Router dibanding Switch adalah fungsi routing dan gateway-nya. Fungsi routing berguna untuk memilih rute yang terbaik dalam jaringan, sedangkan gateway berfungsi seperti komputer server.
Pada saat sekarang ini sudah ada jenis modem tertentu yang juga mempunyai fungsi sebagai router, gateway atau switch. Jadi pada saat kita ingin melakukan sharing internet ke beberapa komputer cukup membeli modem model tersebut.Persyaratan minimal komputer atau notebook yang digunakan untuk akses komputer
1. Processor Pentium III 500 Mhz
2. Ram 64 MB
3. VGA Card 4 MB
4. Sound Card dan Speaker
5. CD ROM
6. Harddisk 10 GB
7. Monitor CRT SVGA
PENGALAMAN DENGAN INTERNET
Aku mengenal internet ketika duduk di bangku SMP. Internet diperkenalkan melalui pelajaran Teknologi Informasi. Melalui pelajaran itu,aku mulai belajar mengenai berbagai hal tentang internet contohnya browsing,download,membuat situs pertemanan (friendster),dan sebagainya.
Suatu hari pada pelajaran TIK,pak Udin tidak masuk kelas karena beliau sakit. Alhasil kita hanya diberi tugas dan bisa menggunakan fasilitas internet hingga pelajaran usai. Tiba-tiba temanku membisikan sesuatu “mau lihat sesuatu ga?” lalu aku menjawab “apa?”. Temanku hanya tertawa, dia ingin menunjukkan sesuatu yang lucu di dalam internet kepadaku “ini lucu kok!kayak kartun-kartun di TV” kata temanku, lalu aku pun menghampirinya. Setelah aku sampai di bangkunya, ternyata dia sudah membuka sebuah alamat web yang aneh. Aku pun mulai curiga dan menerka-nerka kira-kira web itu berisi apa. Setelah dua menit menunggu, tiba-tiba muncul suatu gambar yang aneh yang sebelumnya sama sekali aku tidak pernah membayangkan atau bahkan melihat gambar semacam itu, Astagfirullah!!!!!!ternyata itu situs porno, aku pun menjerit dan lari ke bangkuku lagi. Temanku hanya tertawa tebahak-bahak melihat tingkah lakuku yang aneh.
Itulah salah satu kenanganku semasa SMP. Dulu situs porno merupakan hal yang paling aneh dan paling menakutkan bagiku, ya.. maklumlah namanya juga anak SMP, dari pengalaman itu aku mulai hati-hati jika ingin membuka web yang tidak aku kenal. Kalau urusan video porno sih gampang,tinggal minta aja sama mbak kosku, sebut aja dia “KEPIK” . Kepik itu dijuluki sebagai ratu bokep di kos-kosan. Dia punya berbagai macam video bokapt mulai dari jepang,indo sampai barat. Kepik…...Kepik……… kapan taubatnya bug……..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar